Labels

Text Widget

Text Widget

Recent Posts

Random Post

Media News

Advertisement

LIke Us

Some More Post

Recent Comments

More Post

Random Post

Video

Selasa, 17 September 2013

MENEMUKAN IDE KREATIF ITU MUDAH

Saat ini, masih banyak orang yang kesulitan dalam menemukan ide kreatif. Terkadang sebagian orang selalu menganggap bahwa untuk menemukan ide kreatif tersebut harus yang memiliki daya nalar yang tinggi, padahal pada kenyataannya untuk menemukan ide kreatif itu sangat mudah.
Menggali kreativitas sangat diperlukan karena pentingnya bagi keberhasilan kita. Kreativitas bukan hanya milik seniman, tetapi semua aspek kehidupan akan memerlukan kemampuan kreativitas untuk mengatasi masalah dan mendapatkan ide-ide yang memperbaiki karir, bisnis, dan hidupnya. Kreativitas menjaga gairah hidup dan kreativitas menjadikan hidup kita terus melaju.
Secara umum, ide kreatif merupakan sebuah gagasan yang timbul sebagai hasil dari proses berfikir secara kreatif dan menghasilkan suatu gambaran yang unik dan tidak sama dengan yang lainnya. Artinya, sebuah ide hanya bisa muncul saat kita keluar dari rutinitas berpikir yang itu-itu saja. Istilah kerennya adalah thinking out of the box.
Pada prinsipnya ide tidak datang begitu saja menghampiri kita, ide itu HARUS DICARI!. Dari pengalaman pribadi, ide bisa dicari dari mana saja, baik itu ketika kita berada di rumah, kampus, dan ketika kita berada di perjalanan. Dalam menemukan ide disarankan untuk berfikir secara kreatif.
          Kemudian bagaimana cara kita mendapatkan ide tersebut? Ada banyak cara tuk mendapatkan ide, caranya yaitu:
1.    Update Informasi terbaru. Dengan sering mengupdate informasi baik itu dari buku bacaan atau pun hasil dari googling. Hal ini mampu memberikan informasi untuk kita menemukan ide-ide yang kreatif.
2.    Banyak Bergaul. Dengan pergaulan yang positif, maka kita akan banyak mendengan hal-hal yang positif dari pemikiran bersama.
3.    Sering Berdiskusi. Dengan Berdiskusi kita mampu bertukar pikiran dengan orang yang baru dikenal ataupun sudah dikenal. Berdiskusi dapat memancing otak kita menumukan hal baru yang belum diketahui.
4.    Selalu bertanya. Bertanyalah pada orang yang lebih ahli. Mereka akan memberikan jawaban-jawaban yang menurut mereka sederhana, tapi bagi anda menjadi sumber ide yang berharga.
Mudah, bukan? Ya, seperti itu lah cara mencari ide kreatif yang paling sederhana. Sebelum menemukan atau mencari ide kreatif berfikirlah secara positif dengan tidak mudah mengeluh. Tanamkan prinsip bahwa kita mampu dan sanggup menemukan ide tersebut.
Setelah kita menemukan ide kreatif tersebut, sebaiknya kita diskusikan kembali kepada setiap orang yang dikenal. Karena dengan mendiskusikan ide tersebut maka kita akan lebih semangat dalam mengaplikasikan ide. Walaupun tidak semua orang mau mendengar dan menertawakan ide kreatif yang kita punya.
Saya percaya bahwa setiap ide yang kita dapatkan mampu memberikan hasil yang positif bagi kita dan orang lain, jika ide tersebut direalisasikan. Tetap semangat dalam menemukan ide kreatif dan tetap tegar jika ide kita di tertawakan orang lain. Percayalah bahwa setiap ide yang ditertawakan itu akan menjadi ide yang luarbiasa hebat, jika kita yakin dengan ide tersebut.

Terakhir dari saya, gagasan yang hebat tak selalu datang dari orang hebat. Tapi hanya orang hebat yang mampu menjadikan sebuah gagasan menjadi kenyataan dan dinikmati oleh orang banyak.
Oleh Rizky Ananda - Unpad

0 komentar:

Posting Komentar

komen-komen

 
 
Blogger Templates twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail